Cara ternak burung Parkit

Cara ternak burung Parkit – Burung parkit merupakan salah satu burung yang memiliki keindahan warna dan tingkat kecerdasan yang tinggi.tidak heran jika parkit juga banyak dilombakan.

Burung parkit yang admin ketahui ada dua, burung parkit yang biasa dan burung parkit australia atau lebih terkenal dengan sebutan Falk.

Perbedaan burung parkit australia dengan parkit lokal sangat gampang dilihat dengan mata telanjang, buat seorang pemula seperti admin ini, hehehe…. berikut bocoran nya.

Perbedaan Parkit Australian dan Parkit Lokal

  • Body Parkit Australia (Falk) lebih besar
  • Falk atau parkit australia memiliki jambul

Buat kalian yang ingin ternak parkit, ada baiknya kalian menentukan terlebih dahulu ingin ternak parkit australia atau parkit lokal.

Falk atau Parkit Australia

Falk atau Parkit Australia

Harga burung parkit beraneka ragam,sebagai gambaran untuk kalian yang ingin membeli parkit, berikut perkiraan harga nya,

cara ternak burung parkit

Burung Parkit

Harga Burung Parkit

  • Rp.30.000 sampai Rp. 50.000 per ekor (Peternak langsung)
  • Rp. 70.000 sampai Rp. 150.000 per ekor (Kios Burung)

Harga Burung Parkit Australia / Falk

  • Rp. 400.000 s/d Rp. 600.000 per ekor (Peternak Langsung)
  • Rp. 1.000.000 sampai Rp.2.000.000 per ekor (Kios Burung)

Sebagai gambaran, harga tersebut merupakan harga standar. Maksudnya untuk harga burung parkit warna hijau, jika warna lain bisa berbeda. Sedangkan untuk falk atau parkit australia dengan tanda merah di wajah.

Sebelum beternak, pastikan kalian sudah memahi tahapan cara beternak burung parkit.

Cara bedain parkit jantan dan betina

Sebelum memulai beternak burung parkit, ada baiknya  kalian mengetahui perbedaan antara parkit betina dan jantan. berdasarkan sedikit ilmu yang saya dapatkan, cara membedakan parkit jantan sangat mudah, lihat saja pada bagian hidung, parkit jantan memiliki warna agak biru.

Jodoh

Meskipun parkit yang kalian miliki sudah sepasang, belum tentu burung parkit tersebut jodoh. jika hal ini terjadi cara menjodohkan burung parkit yang bisa kalian lakukan dengan menambahkan parkit betina 2 atau 3 ekor lagi.

Kandang

Meskipun parkit dapat di ternak dengan menggunakan kandang baterai, akan lebih baik jika parkit di ternak secara koloni pada kandang yang cukup luas.

Gelodok

Pastikan kalian sudah memasukan gelodok kedalam kandang parkit, karena gelodok berfungsi agar parkit betelur dan mengerami nya.

Makanan

Pastikan makanan yang kalian berikan untuk ternak parkit merupakan makanan yang bernutrisi agar telur yang dihasilkan tidak Zonk. kalau admin memberikan jagung, kankung, tauge dan milet

Nah, pada artikel cara ternak burung parkit ini sudah dibahas semua mengenai cara dan tahapan memulai ternak parkit, sudah siap kita beternak?

Jika ada pertanyaan mengenai cara ternak burung parkit, yuk kita sharing lewat kolom komentar karena admin juga baru belajar ternak burung parkit, hehehe.

Leave a Reply