Resep tradisional cara membuat nasi uduk betawi

0
39
views

Cara membuat nasi uduk betawi – Buat kalian orang jakarta dan sekitarnya, khususnya betawi sudah tidak heran jika sarapan dengan mengkomsumsi makanan berat seperti nasi uduk.

Nasi uduk betawi saat ini tidak hanya dapat kalian nikmati di pagi hari, di malam hari pun saat ini sudah banyak yang menjual nasi uduk betawi.

Perlu kalian ketahui, penjual nasi uduk betawi berbeda ya dengan nasi uduk yang ada di tukang pecel lele.

saya dulu pernah mengalami hal yang cukup membuat malu kepada pacar (sekarang suami) karena dia ngajak saya makan nasi uduk betawi  berhubung saya tidak tau yang jual nasi uduk betawi di kelapa gading, saya ajak ke nasi uduk pecel lele.

Jual nasi uduk betawi kelapa gading
Penjual Nasi uduk betawi

Sang pacar , eh suami senyum – senyum saja, trus sesudah makan nasi uduk di pecel lele baru deh dia komplain dengan mengucapkan kata mesra “lain kali aku ajak kamu makan nasi uduk betawi  ya”.

Berawal dari sinilah saya penasaran rasa nasi uduk betawi, apa bedanya nasi uduk betawi dengan nasi uduk pecel lele? setelah beberapa saat setelah kencan, suami  (waktu itu masih pacar) mengajak makan nasi uduh betawi malam hari, kalau gak salah setelah pulang jalan – jalan dari puncak.

Baca Juga : Rekomendasi tempat wisata kuliner di puncak

Ternyata, nasi uduk betawi itu enak banget, top deh sebagai warisan kuliner tradisional indonesia. meski nasi uduk betawi sangat sederhana dengan lauk yang bisa kita pilih, membuat saya lupa kalau lagi makan di warung kaki lima.

Dalam menyantap nasi uduk betawi, kalian bisa menambahkan lauk seperti semur tahu, semur jengkol, tempe orek, bihun, perkedel ayam goreng , bihun dan berbagai menu laiinya.

Saya pun penasaran cara membuat nasi uduk betawi kenapa bisa se enak ini dan jiwa intelegent saya pun berkobar, selidik punya selidik, cara membuat nasi uduk betawi sederhana sekali lho, ada tips nya agar memasak nasi uduk betawi lebih harum, menggunakan kayu bakar.

cara membuat nasi uduk betawi
Nasi uduk betawi

Setelah mengetahui rasa nasi uduk betawi yang gurih – gurih nyoi.. saya pun menjadi ketagihan dengan nasi uduk betawi, tidak lupa mampir ketika main kerumah mertua.

Terkadang saya merasa sedikit kecewa ketika ingin makan nasi uduk betawi tapi tukang nya tidak jualan, untung saya sudah mencatat resep nasi uduk betawi sederhana ini dan dapat saya praktekan di rumah.

Meski tidak seharum nasi uduk betawi yang cara memasak nasi uduk betawi menggunakan kayu bakar, over all nasi uduk betawi buatan saya oke punya, menurut suami lho ya.. 🙂

Resep cara membuat nasi uduk betawi ini tidak akan saya simpan sendiri, saya akan share untuk kalian pembaca setia parsas.web.id , silahkan catat resep dan cara membuat nasi uduk betawi berikut ini

Bahan membuat nasi uduk

  • 300 gram beras putih
  • 1 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 200 ml santan, beri 1 sdt garam
  • 400 ml air

Cara bikin nasi uduk

  1. Cuci beras hingga bersih lalu tiriskan.
  2. Masukkan semua bahan bahan ke dalam panci.
  3. Masak di atas api sedang hingga air habis dan aduk aduk sesekali agar tidak lengket.
  4. Pindahkan kedalam dandang hingga matang.
  5. Sajikan nasi uduk bersama irisan telur dadar, tempe orek, bakwan, bihun goreng dan beri taburan bawang goreng.

Nah, mudah kan cara membuat nasi uduk betawi yang sederhana tapi enak.

Jika kalian ingin diskusi tentang cara membuat nasi uduk betawi yang enak , yuk kita diskusi dengan bijak lewat form komentar.

Baca juga : Cara memasak nasi kebuli khas timur tengah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here